Blog Pembelajaran Dan Informasi

Monday 16 March 2015

MENAMBAH, MENGHAPUS PAGE, MENGGANTI TEMA, DAN MEMBUAT MASTER PAGE MICROSOFT OFFICE PUBLISHER 2007



1. Langkah pertama kita baca Basmalah dulu agar apa yang akan anda lakukan berjalan    dengan lancer Amin.

2. Buka aplikasi Microsoft Office Publisher 2007, dengan cara klick tombol start > kemudian klick all program > kemudian Microsoft Office > Microsoft Office Publisher.

3. Atau bisa di desktop anda ada shortcut langsung di klick 2 kali. Akan muncul tampilan     seperti ini. Ini yang dinamakan Microsoft Office Publisher 2007.


4. Kemudian kita lanjutkan membuat lembar kerja baru. Klick Blank Page Sizes > Lalu klick     kertas A4 potret > lalu Klick Create.


5. Lalu akan muncul lembar kerja pada  Microsoft Office Publisher 2007.


6. Pengenalan tombol-tombol pada Ms Office Publisher 2007.


7. Menambah page ada 2 cara. Pertama klick Insert > Klick Page. Kemudian akan muncul     kotak dialog seperti dibawah ini


8. Kemudian klick oke. Page akan tambah di lembar kerja anda. akan ada 2 page.


9. Cara ke dua dengan cara klick tombol page > Klick Insert Page. Seperti gambar dibawah  ini.


10. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti cara pertama tadi. Kemudian klick oke      hasilnya sama seperti seperti cara nomor 1 tadi.11. Menghapus page, dengan cara klick tombol page > kemudian Klick Delate.

  

12. Mengganti tema pada lembar kerja baru. Lihat kotak dialag di kiri anda seperti gambar       dibawah ini.

13. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini. Tema yang sudah di sediakan      oleh Microsoft dan anda tinggal memilih sesuka hati anda. 


14. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini. Jika anda memilih Apply template to the current publication, maka anda akan member tema pada lembar kerja anda tadi, TETAPI jika anda memilih Create a new publication using my text and graphics, anda akan membuka lembar kerja baru.

15. Hasil nya seperti gambar dibawah ini. Jika anda tidak cocok dengan tema anda, silahkan     mengganti dengan cara seperti tadi Format Publication kemudian Apply Template.

16. Membuat Master Page. Membuat Master Page. Cara membuat master page Klick View      kemudian pilih Master Page atau dengan cara cepat Ctrl + M. hasilnya seperti gambar      dibawah ini.


17. Fungsi dari pada Master page adalah ketika anda membuat percetakan dengan      banyak halaman, anda ingin object tertentu tampil pada mayoritas atau semua      halaman.Objek ini dapat saja berubah judul publikasi , nama anda logo perusahaan,      dan lain-lain. Halaman master merupakan sebuah halaman berisi objeck atau elemen      yang nantinya akan tampil pada tiap halaman anda.

18. Anda edit pada master page, kemudian anda beri text pada Master Page. Kemudian       klick View publication page. Seperti gambar dibawah ini.


19. Selanjutnya akan kembali ke page yang anda buat tadi. Otomatis di kiri atas page       anda akan keluar text yang tadi di tulis. Itu fungsi dari pada master page bisa anda       buat di page manapun sesuai kenginan anda/kebutuhan anda.


20. Menghidup matikan master page. Di toolbar kiri page ada toolbar Apply Master Page.      Jika anda ingin menghidupkan master page nya tinggal anda pilih Master A jika anda       memberi nama master A ”Nama Master Page anda bisa diganti sesuai dengan       keinginan anda” kemudian Klick master A. Hasil nya akan seperti gambar dibawah ini.


21. Jika anda ingin tidak mengaktifkan Master Page. sama seperti mengaktifkannya tetapi       anda harus memilih. Ignore Master maka hasil nya master page tidak akan tampil,       seperti gambar dibawah ini

.

Sekian Terima Kasih, Semoga Bermanfaat Bagi Anda Semua. Amin.. Sukses Buat Anda Semua....